Sultan HB X: Saya Menilai Perlunya Inovasi Pariwisata Jogja

GUBERNUR Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengimbau kepada kepala daerah di wilayah ini untuk meningkatkan kreativitas dan berinovasi di sektor pariwisata dengan adanya Bandara Internasional di Kabupaten Kulon Progo.

“Pemerintah pusat membangun bandara baru di Kabupaten Kulon Progo, tetapi infrastruktur pariwisata yang dibangun di Jawa Tengah seperti pengembangan Kawasan Strategis Pembangunan Nasional (KSPN) Borobudur dengan empat jalur Borobudur,” ujarnya.

Dikatakan, pertanyaannya, wisatawan mancanegara (wisman)-nya melibat Borobudur dari Yogyakarta atau mereka datang melihat Yogyakarta dari Borobudur. Kami juga berfikir soal ini. Kami siap membantu pengembangan dan percepatan sektor pariwisata supaya sudah siap saat bandara sudah beroperasi.

“Namun saya meminta Pemkab Kulon Progo beserta jajarannya dan masyarakat harus mengubah paradigma dan cara berpikir, yakni bagaimana wisman tidak hanya lewat Kulon Progo tapi juga menginap di Kulon Progo,” katanya.

Ditambahkannya, dari pada wisman lewat Kulon Progo dan menginap di Borobudur, ini menjadi tantangan bersama untuk dipecahkan. Semoga kita semua dapat membuka wawasan dengan Jogja Istimewa, pariwisata bisa tumbuh dan berkembang. Jangan sampai pembangunannya di DIY, tapi tidak dapat menerima manfaat karena kita tidak inovatif dan kreatif.

“Selain itu, persoalan lain yakni, Pemda DIY sedang mempercepat pembangunan jalur jalan lintas selatan (JJLS) menuju Kabupaten Gunung Kidul supaya terkoneksi dengan sebelum bandara beroperasi,” ungkap Sultan HB X. [antaranews/photo special]