Rusdi Kirana: Saya Minta BUMN Terus Bangun Hotel di Daerah

PEMILIK Lion Air Group Rusdi Kirana mengusulkan BUMN, misalnya WIKA, membangun hotel dengan bantuan pembiayaan dari bank BUMN. Lion Air bersedia memastikan kamar-kamar hotel tersebut dibeli Lion Group sehingga ketersediaan pelanggan hotel dapat terjamin.

“Khusus Manado, Lion Air menyatakan jumlah penerbangan dari China saja ini menjadi 3 kali sehari dan mampu mengangkut 2.400 wisman. Sayangnya, kendala seperti jumlah hotel di Manado yang tidak mencukupi, sehingga peningkatan kapasitas penerbangan sulit dilakukan,” ujarnya.

Dikatakan, jumlah 2.400 wisman merupakan jumlah maksimal, sedangkan kapasitas hotel tidak mencukupi. Selain soal akomodasi, saya juga mengusulkan adanya kalender pariwisata yang konsisten di sejumlah destinasi populer, khususnya bagi wisman Tiongkok.

“Salah satunya dengan menyediakan panggung di Boulevard Manado yang menjadi tempat pertunjukan budaya setiap hari. Bandara Gorontalo harus dijadikan stasiun alternatif bagi Manado. Itu artinya harus menggeser dari Makassar yang jarak tempuh dan lokasinya lebih jauh. Ini sekaligus menghidupkan pariwisata di Gorontalo,” katanya. [photo special]