Rini: Saya Minta Garuda Perbanyak Paket Wisata Domestik

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno minta maskapai Garuda Indonesia memperbanyak paket wisata domestik untuk menarik wisatawan mancanegara ke daerah wisata Indonesia.

"Ke depan harus lebih banyak membuat program atau paket domestik. Pameran wisata saat ini lebih banyak menawarkan paket ke luar negeri. Saya bilang, kita harus mendorong, bukan hanya untuk memilih ke luar negeri, tapi juga domestik. Kita harus menambah paket, kita harus rute destinasi dari Garuda dan Citilink langsung ke destinasi wisata domestik," ujarnya.

Dikatakan, saat ini wisata domestik sedang tumbuh dengan hadirnya objek-objek wisata di Banyuwangi dan daerah lainnya. Saya mengimbau Garuda Indonesia bekerja sama dengan agen perjalanan atau bersinergi dengan BUMN lain dan sektor swasta untuk menyediakan paket wisata domestik.

"Kita coba sinergikan, seperti kemarin sedang membangun 15 desa di Borobudur, kita harapkan dapat mengembangkan ekonomi desa dengan membangun homestay yang tujuannya supaya menarik wisatawan Nusantara dan meningkatkan ekonomi di tujuan wisata," katanya.

“Saya berharap sinergi tersebut bisa mendorong wisatawan Nusantara lebih memilih berwisata di dalam negeri ketimbang ke luar negeri,” ungkapnya. [photo special]