Luhut: Pertumbuhan Wisman di Indonesia 4 Kali Lipat Dibanding ASEAN

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan pertumbuhan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia mencapai hampir empat kali lebih besar dibandingkan dari ASEAN. Pertumbuhan wisman ASEAN sepanjang Januari-Agustus 2017 hanya mencapai 7%, sementara di Indonesia dapat mencapai hingga 25,68%.

“Adalah kawasan pariwisata Danau Toba maupun Borobudur masih dalam proses pengembangan. Untuk itu, saya akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mendorong pengembangan destinasi wisata unggulan tersebut,” ujar Luhut.

Dikatakan, koordinasi akan dilakukan dengan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kapasitas Bandara Silangit, juga dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera memutuskan desain jembatan Tano Pongol.

“Sementara untuk kawasan Borobudur (BOB), Luhut berharap segera ada perkembangan mengenai kelengkapan organisasi BOB. BOB perlu segera melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan di daerah (Borobudur-Yogyakarta, Solo-Sangiran dan Semarang-Karimun Jawa), serta percepatan penetapan status lahan otoritatif 50 hektare sebagai aset BOB (proses tukar guling kawasan hutan)," katanya. [photo special]