Haryadi: Sistem Booking Online Hotel Tumbuh Hingga 20%

KETUA Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengatakan kemajuan teknologi dan digital merubah gaya pemesanan hotel di Indonesia. Saat ini pelaku Industri Perhotelan di Indonesia tengah bertransformasi menerapkan sistem digital pada proses pemesanan produk mereka.

"Online booking tergantung hotelnya. Ada yang lebih dari 80 % booking online-nya. Kemajuannya sangat pesan. Kalau kita rata-ratakan saat ini mereka tumbuh per tahun 15 % sampai 20 % pindah dari sistem konvensional ke sistem online booking,” ujarnya.

Dikatakan, selain itu bahwa perkembangan teknologi tidak dapat dihiraukan oleh pelaku Industri Perhotelan lantaran kekuatan sosial media. Selain memberikan pengalaman kepada tamu, keluhan yang dirasakan oleh konsumen dapat disampaikan saat itu juga melalui media sosial.

"Sekarang ini orang kalau komplain, bisa langsung seketika itu juga menyuarakan di media sosial. Ini kan bahaya. Ini yang perlu diubah. Tidak bisa lagi produsen, atau di hotelnya sendiri mengabaikan hal yang sensitif seperti itu. Saat ini kita bicara soal pelayanan,” katanya. [kontan.co.id/photo special]