Emil: Saya Bersyukur Bandung Ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Kuliner Nasional

WALI Kota Bandung Ridwan Kamil yang biasa disapa Emil, bersyukur Kota Bandung ditetapkan sebagai kota destinasi wisata kuliner nasional oleh Kementerian Pariwisata bersama kota lainnya yakni Bali, Solo, Semarang dan Yogyakarta.

“Dipilihnya Kota Bandung tersebut saya akui jika Kota Bandung memliki ragam kuliner yang cukup variatif. "Ini membuktikan kekayaan variasi kuliner Kota Bandung itu memang luar biasa. Selain dalam hal variasi kulinernya, Kota Bandung juga terkenal akan inovasi-inovasinya. Maka, tak salah jika Kota Bandung ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner nasional,” ujarnya.

Dikatakan, selain itu juga kan kuliner di Bandung banyak inovasi dan pilihannya. Dengan ditetapkannya Kota Bandung ini tidak menutup kemungkinan festival-festival kuliner di Bandung akan diperbanyak. Hari ini saja dalam rangka hari ulang tahun Bandung ada 600 kegiatan termasuk kulinernya. Sudah ada juga Bandung Culinary Night.

“Pihak Kementerian Pariwisata telah memiliki sejumlah kriteria sebelum menetapkan destinasi kuliner Indonesia. Kriteria-kriteria tersebut antara lain komitmen kuat dari pemerintah daerahnya untuk mengembangkan potensi wisata kuliner, memenuhi aspek bisnis serta higienis dalam penyajiannya,” katanya.

Ditambahkannya, sektor kuliner merupakan salah satu sektor penunjang pariwisata lantaran setiap wisatawan yang datang ke Indonesia rata-rata menghabiskan 30% dananya untuk kuliner dan belanja. [photo special]