Budi: Pembangunan Perhubungan Tingkatkan Pariwisata Sukabumi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan akses perhubungan transportasi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat juga untuk mendorong dalam meningkatkan pariwisata daerah ini.

"Sukabumi mempunyai tempat yang indah dan potensi wisata yang mumpuni sehingga aksesibilitas ke daerah ini perlu ditingkatkan agar wisatawan dari berbagai daerah dan negara bisa dengan mudah datang berwisata," ujarnya.

Dikatakan, pembangunan ases perhubungan seperti yang saat ini tengah dilaksanakan yakni Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor sangat penting. Apalagi sekarang ini warga Sukabumi untuk mencapai Jakarta lebih dari lima jam dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan ini sangat ironis. Di mana satu kota yang hanya berjarak 120 km dari ibu kota negara waktu tempuhnya di atas lima jam.

“Maka dari itu, meminta kepada kabinetnya khususnya Kementerian Perhubungan RI untuk memperbaiki aksesibilitas ke Sukabumi. Jadi dua pihak kita ingin meningkatkan pariwisata dan memberikan aksesbilitas yang baik untuk masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, dengan terbangunnya dua akses perhubungan tersebut maka akan berimbas positif kepada warga seperti perekonomian yang meningkat, perputaran uang yang tinggi, daya beli meningkat dan tentunya semakin banyak investor yang masuk.

“Adapun potensi pariwisata yang dimiliki Sukabumi pun akan semakin terbantu jika akses jalannya baik. Apalagi, Presiden RI Jokowi pun sudah menginstruksikan agar dibangun bandar udara (bandara) sehingga akan menambah mudah wisatawan datang ke daerah ini,” ungkap Budi. [antaranews/photo special]