Budi Karya Sumadi: Pemerintah Yakin Pilot Garuda Tak Akan Mogok

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi meyakini, pilot Garuda Indonesia Airways tidak akan mogok sehingga penerbangan mudik Lebaran tahun ini tak akan mengalami gangguan.

"Saya yakin tidak akan ada pemogokan, mengingat para pilot adalah orang yang terdidik dan terhormat," ujar Budi kepada pers di Tangerang, Minggu, saat meninjau persiapan mudik dan balik Lebaran 2018 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dikatakan, pemerintah, manajemen Garuda dan pilot tengah mencari titik temu. Proses komunikasi terus dilakukan dan rencananya Senin besok saya juga akan komunikasi dengan jajaran manajemen Garuda serta para pilot. Akan segera didapatkan titik temu saling menguntungkan semua pihak, tanpa harus mogok yang nakal merugikan konsumen.

“Garuda Indonesia menjamin pengguna maskapai nasional itu tetap terbang saat musim mudik dan balik nanti. Sekalipun ada ancaman mogok dari sejumlah pilot Garuda tapi proses negosiasi tetap berjalan, dan kami menjamin tidak akan ada gangguan penerbangan," katanya.

Ditambahkannya, negosiasi antara manajemen Garuda Indonesia dengan Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) yang difasilitasi Kementerian Kemaritiman dan Kementerian Perhubungan, terus berjalan. Pemerintah tak ingin ada pemogokan karena akan merugikan masyarakat dan merusak reputasi internasional perusahaan ini.

“Saya meminta  pengguna Garuda tenang dan tidak mengkhawatirkan  penerbangan bakal terganggu karena negosiasi yang difasilitasi pemerintah terus berjalan dan menuju hasil positif.  Kendati begitu diakui ancaman mogok sejumlah pilot beberapa hari ini memang menyebabkan sebagian calon penumpang khawatir tidak bisa terbang,” ungkapnya. [antaranews/photo special]