Arief Yahya: Saya Ajak Diaspora dan KBRI Curi Ilmu Thailand

MENYABET gelar juara dunia video pariwisata Indonesia rupanya belum membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya berbangga diri, dan saya masih saja ngotot untuk mengejar reputasi Thailand sebagai negara pariwisata di regional ASEAN.

“Karena itu, saya meminta Dubes RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi untuk mempelajari secara khusus pariwisata Thailand. Quick wins-nya, memahami kelebihan Thailand dalam menangani keamanan, kuliner, street food dan homestay dulu," ujar Arief Yahya dalam siaran persnya.

Dikatakan, kuliner dan street food Thailand itu sangat terkenal di dunia. Di hampir semua negara di dunia, restoran Thai sangat terkenal dan ramai. Rasanya cocok untuk lidah manapun juga, baik di Asia, Eropa, Australia maupun Amerika. Kita belajar dari Thailand, bagaimana mereka membuat dan menjadi seperti sekarang.

“Soal homestay, saya juga sering menggunakan contoh sukses Thailand. Bagaimana pengelolaannya? Apa peran pemerintah, pengusaha, dan masyarakat? Kita terus belajar dari sukses Thailand, karena mereka sudah kita tetapkan sebagai musuh profesional," katanya.

Ditambahkannya, saya juga meminta diaspora maupun KBRI belajar soal keamanan Thailand terhadap wisatawan yang masuk.  Saya juga meminta segera dibentuk tim atau ditunjuk PIC yang mempelajari industri pariwisata Thailand yang hebat. [traveletxt/photo special]