Perkuat Platformnya, Bukalapak Kumpulkan Komunitas UKM

BUKALAPAK mengumpulkan komunitas pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari berbagai daerah sebagai ajang berbagi ilmu bisnis di dalam platform-nya. Gelaran kopi darat ‘pelapak’ itu kerap disebut sebagai Kopdar Komunitas Bukalapak.

Menurut Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri menyatakan kegiatan kumpul komunitas UKM itu bertujuan untuk dapat membantu para pelapak mengoptimalkan penjualan di platform daring.

“Pelapak dapat memahami berbagai aspek. Seperti misalnya pengemasan barang agar para pembeli dapat merasa puas dan barang juga terlindungi. Melalui ajang kumpul komunitas UKM itu, Bukalapak ingin agar seluruh pelapak dapat terus mengembangkan kualitas dan nilai tambah produk lokal. Bukalapak memiliki sebanyak sebanyak 83 komunitas UKM yang tersebar di puluhan kota di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, pembentukan seluruh komunitas itu merupakan inisiatif yang berasa dari para Pelapak. Bukalapak sepanjang tahun lalu mencatatkan lebih dari 2,2 juta pelapak yang tergabung di dalam platform-nya.

“Di dalam Komunitas Bukalapak, kami percaya konsep gotong royong dan kolaborasi. Sukses sendirian itu biasa, sukses bersama-sama itu baru luar biasa. Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang berkesempatan menjadi pahlawan bangsa,” kata Fikri.

Ditambahkannya, Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia dengan valuasi di atas US$1 miliar. [bisnis.com/photo special]