Online Shoper Habiskan Rp456.000 per Orang untuk Hadiah Valentine

PERUSAHAAN rintisan aggregator e-commerce Shopback melakukan survei untuk menganalisa pola belanja konsumen menyambut Hari Valentine.

Survei Shopback yang dirilis belum lama ini menyimpulkan sebanyak 47,7% responden mengaku berencana membeli hadiah kepada pasangannya melalui e-commerce untuk menyambut Hari Valentine.

Platform itu mengidentifikasi rata-rata konsumen e-commerce menghabiskan Rp456.000 per orang untuk berbelanja hadiah Valentine.

Laporan itu setidaknya melibatkan sebanyak 1.100 responden konsumen usia 18—38 tahun yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Co-Founder dan Country Head ShopBack Indonesia Indra Yonathan menyatakan perilaku belanja konsumen bakal semakin bergeser ke pembelanjaan daring, termasuk menyambut berbagai momen spesial seperti Valentine.

Berdasarkan survei itu, barang yang paling banyak diburu sebagai hadiah Valentine tahun ini merupakan cokelat 45,8%, voucher restoran 32,5% dan boneka 19,9 %. Sebagian besar responden kelompok usia milenial memiliki opsi yang lebih variatif dengan membelanjakan berbagai barang lain seperti cincin berlian, paket kiriman bunga, dan peralatan kosmetik.

Sebagian besar responden mengaku sudah berbelanja online sejak 4-7 hari sebelum hari Valentine. Sebanyak 21,3% responden mengaku berbelanja hadiah sejak tiga hari sebelumnya, dan sisanya sebanyak 18,3% mulai berbelanja tepat sehari sebelumnya. [bisnis.com/photo special]