Elevenia Genjot Kerja Sama Afiliasi Salim Group

ADALAH Elevenia yang akan memperbanyak kolaborasi dengan perusahaan lain di bawah Grup Salim untuk menarik pedagang dan pengguna baru ke platform marketplace tersebut.

Menurut Chief Sales and Marketing Officer Elevenia Edward Kilian Suwignyo, menyatakan bakal semakin banyak menjalin kerjasama dengan usaha afiliasi Grup Salim ketimbang meningkatkan subsidi terhadap transaksi di dalam marketplace itu.

“Sejak di-takeover grup Salim, fokus bisnis kita adalah memastikan pertumbuhan berkelanjutan. Artinya growth mesti diciptakan dengan cara yang benar, bukan menciptakan pertumbuhan dengan transaksi yang dibeli. Begitu ketatnya persaingan marketplace di dalam negeri memaksa banyak perusahaan rintisan menggelontorkan belanja iklan secara besar-besaran,” ujarnya.

Dikatakan, bukan hanya itu, beberapa platform e-commerce bahkan mensubsidi nilai transaksi konsumen dengan berbagai cara seperti menanggung biaya ongkos kirim, memberikan diskon, dan bahkan memberikan cashback pada setiap transaksi.

“Sementara kita akan lebih banyak berikan penawaran spesial yang melibatkan kerjasama dengan sesama Grup Salim. Kolaborasi dengan afiliasi Grup Salim akan semakin diperbanyak, kurang lebih begitu,” katanya.

Ditambahkannya, seperti diketahui, Elevenia sejak kuartal ketiga tahun lalu bernaung di bawah kepemilikan Grup Salim. Dua entitas bisnis grup Salim, yakni PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte, mengambil alih kepemilikan perusahaan e-commerce itu dari shareholder sebelumnya, yaitu XL Axiata dan SK Planet.

“Pengguna aktif Elevenia sepanjang tahun lalu tercatat sebanyak 5,8 juta user. Sementara itu penjual yang teregistrasi di dalam platform mencapai 81.000 mitra. Tahun ini kami ingin paling tidak naik menjadi tiga kali lipatnya. Elevenia juga tengah memfokuskan penambahan merchant yang belum masuk ke dalam ekosistemnya tanpa pancingan insentif maupun subsidi. Langkah bisnis yang bakal diambil merupakan peluncuran berbagai kesepakatan kolaborasi dan promosi yang melibatkan afiliasi grupnya,” katanya.

Ditambahkannya, salah satunya dengan meningkatkan jangkauan layanan pembayaran pada platform itu. Sebab layanan pembayaran merupakan salah satu area yang tengah menjadi tujuan pembenahan. Sekarang kita didukung Grup Salim yang begitu besar itu. Sinergi layanan bersama grup terus kita perkuat, itu fokus kita. [bisnis.com/photo special]