Jumlah Wisman Naik, NTB Yakin Target 2 Juta Kunjungan

JUMLAH wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Nusa Tenggara Barat pada September 2017 tercatat mencapai lebih dari 10 ribu orang. Meskipun angka tersebut mengalami penurunan sebesar 18,06% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, namun secara year on year jumlah ini meningkat 18,08%.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik NTB Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, hal ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh stakeholder dalam upaya untuk mengembangkan potensi pariwisata dan mengenalkannya kepada para wisatawan.

"Jumlah total wisman yang masuk dari LIA (Lombok International  Airport) saja sampai September 2017 sudah 94.986 wisatawan. Itu belum termasuk yang datang melalui laut dan langsung ke gili-gili. Dengan kondisi demikian, 2 juta wisatawan asing yang ditargetkan oleh pemerintah provinsi NTB bisa tercapai,” ujarnya.

Dikatakan, berdasarkan data BPS, wisatawan asal Malaysia masih menjadi wisatawan terbesar yang masuk ke NTB. Tercatat pada September 2017, wisatawan asal negeri Jiran ini mencapai 42% atau sekitar 4.318 wisatawan.

“Sementara itu, jumlah tersebut diikuti oleh China yang berkontribusi sebesar 7% atau sekitar 753 wisatawan, Korea Selatan sebesar 4% atau 433 wisatawan. Wisatawan Jerman dan Singapura pun masuk dalam lima besar wisatawan asing di NTB yang berkontribusi masing-masing sebesar 4% dan 5% dari total wisatawan asing yang masuk ke NTB pada September 2017,” katanya. [photo traveltext]