INDONESIA dan Singapura telah sepakat meningkatkan kerjasama di sektor pariwisata, khususnya untuk wisata kapal pesiar dan kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convetion, and Exhibition). Kapal pesiar (cruise) ukuran besar Genting Dream setelah membuka rute pelayanan Singapura-Bali Utara-Surabaya pada November 2017, selanjutnya pada April 2018 rute singgah di Jakarta.

Penyambutan kedatangan kapal pesiar dihadiri Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata, Indroyono Soesilo bersama Senior Vice President - International Sales, Genting Cruise Lines, Michael Goh. Kedatangan Genting Dream (Dream Cruises) ke Jakarta setelah singgah di Surabaya dengan membawa sekitar 4.000 wisman dari 11 negara.

Menurut Indroyono Soesilo mengatakan wisman kapal pesiar turun hanya beberapa jam di Jakarta, mereka ingin melakukan aktivitas wisata belanja dan kuliner, yang membawa dampak ekonomi langsung terhadap masyarakat yang disinggahi. Singapura sungguh cepat merealisasikan program kapal pesiar (cruises tourism) yang dikembangkan oleh Indonesia, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang ditargetkan sebesar 17 juta wisman dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019.