You are here

Dodol Rumput Laut Khas Lombok Cocok Buat Oleh-oleh

JANGAN sia-siakan apabila Anda tengah berkunjung ke kota Mataram, Lombok NTB, mungkin Anda bisa menjadikan dodol rumput laut sebagai alternatif buah tangan Anda. Dodol kini telah menjadi salah satu makanan khas daerah itu. Jenisnya beragam, dari dodol aneka rasa buah hingga dodol rumput laut. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat penjualan oleh-oleh di kota itu.

Satu di antaranya di Phoenix Food Store, toko itu berlokasi di Jalan Anak Agung Gde Ngurah Cakranegara, Mataram. Saat ini, ada 21 jenis produksi Phoenix Food di antaranya manisan, ting ting mete, dodol rumput laut, dodol aneka buah seperti sirsak, nangka, wortel, pisang, nanas, labu siam, labu, semangka, mangga, tomat.

Menurut Kepala Produksi Phoenix Food Sri Murtini mengatakan, produksi makanan di toko itu berawal dari penyaluran hobi memasak Suryani, istri pengusaha rumput laut pemilik Phoenix Mas Tjahya Setiawan.

“Produksi dodol di toko itu menggunakan tepung rumput laut berkualitas. Awalnya, proses pengeringan menggunakan sinar matahari. Namun kini, produksinya dilakukan secara modern dengan menggunakan oven, agar hasil produksi lebih tahan lama. Sudah tidak mengandalkan matahari untuk mengeringkannya,” ujarnya.

Dikatakan, produk-produk itu dikemas dalam berbagai kemasan. Ada bentuk toples, kotak, mika, keranjang. Kemasannya harus cantik, tidak hanya isinya yang enak. Harganya pun beragam. Dodol dalam kemasan kotak seberat 180 gram misalnya dijual Rp9.000. Pengunjung juga bisa membeli produk dalam kemasan parsel seharga mulai dari Rp25 ribu hingga Rp 70 ribu.

“Isinya 12 macam dodol, di antaranya dodol rumput laut, dodol jahe, dodol, dodol wortel. Juga ada paket toples berisi ting ting, dodol sirsak, dodol nangka ditambah kacang mete seharga Rp74 ribu,” katanya.

 

 

Add new comment