Hadapi Low Season, Yogyakarta Bakal Gelar Jogjavaganza

ADALAH Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bersama pelaku pariwisata Kota Yogyakarta akan menggelar promosi wisata Jogjavaganza pada 20-23 Februari untuk mengantisipasi low season (musim sepi wisatawan).

Menurut Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yetty Martanti di Yogyakarta mengatakan pada awal tahun hingga April adalah masa low season. Tingkat kunjungan wisata berkurang sehingga kami berinisiatif untuk menggelar kegiatan promosi guna meningkatkan kunjungan wisata ke Yogyakarta.

“Dalam kegiatan Jogjavaganza tersebut akan diundang sebanyak 120 biro perjalanan wisata dari seluruh provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori potential buyer. Biro perjalanan wisata tersebut akan diperkenalkan dengan berbagai pelaku industri pariwisata di Kota Yogyakarta mulai dari perhotelan, objek wisata, hingga pusat oleh-oleh,” ujarnya.

Dikatakan, harapan kami, para pelaku wisata ini bisa memperkenalkan produk mereka sehingga nantinya, para agen perjalanan wisata yang diundang menjadi tertarik dan kemudian mendatangkan wisatawan ke Yogyakarta. Jogjavaganza pada tahun ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta lebih banyak memberikan fasilitasi kepada pengusaha hotel non bintang meskipun masih ada beberapa pelaku usaha hotel berbintang yang akan ikut serta.

"Pelaku usaha hotel non bintang ini biasanya belum mampu melakukan promosi. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami ingin memfasilitasi mereka. Saat ini terdapat sekitar 370 hotel non bintang di Yogyakarta dan 53 hotel berbintang,” katanya.

Sementara Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Fito Laksmana, jumlah kunjungan wisatawan pada saat low season mengalami penurunan sekitar 10%. Penurunan kunjungan akan semakin signifikan jika pada awal tahun ini tidak ada long weekend. Penurunan kunjungan wisatawan bisa berlangsung hingga April dan baru kembali naik pada Juni.

“Oleh karena itu, saya berharap seluruh pelaku usaha pariwisata di Kota Yogyakarta dapat memanfatakan kesempatan promosi melalui Jogjavaganza untuk memperkenalkan produk dan menarik minat sebanyak-banyaknya wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, sebelum masuk pada kegiatan promosi, akan digelar beberapa kegiatan pendahuluan mulai dari Fun Night Run 5K dan Fun Healthy serta festival kuliner yang akan diselenggarakan pada 10 Februari di Kompleks Balai Kota Yogyakarta. Fun Night Run akan digelar pada pukul 19.00 WIB dengan rute Balai Kota Yogyaarta-Jalan Kenari-Jalan Cendana-Jalan Batikan-XT Square-Jalan Veteran-Simpang SGM-Jalan Kusumanegara dan kembali ke Balai Kota Yogyakarta. Sedangkan Fun Healthy merupakan kegiatan yang difokuskan untuk mengatasi stres dengan cara menari. [antaranews/photo special]