Gaet Wisman, Wakatobi Wave 2017 Siapkan Dive Spot

MERUPAKAN puncak kegiatan festival di Wakatobi, di Sulawesi Tenggara bakal menggelar Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2017 atau disingkat Wakatobi Wave 2017.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi Nadar menjelaskan, event Wakatobi Wave 2017 disemarakkan festival budaya seperti prosesi adat karya secara massal, tari kolosal, dan prosesi kabuengan massal.

“Nanti akan ada kegiatan lomba bahari seperti Triatlon, underwater photography competition, dan yang berbeda adalah panjat pinang di laut. Selain itu juga ada seminar bahari, rencananya event ini akan dilaksanakan selama 4 hari. Mulai tanggal 20 Oktober,” ujar Nadar.

Dikatakan, Wakatobi Wave ini sudah dilaksanakan semenjak 2015. Pemerintah berharap angka kunjungan wisata yang bakal menghadiri sekitar 3.000-4.000 orang baik dari nusantara maupun mancanegara.

“Kami juga bakal mengemas event ini dengan merangkul teman-teman pelaku industri wisata, khususnya dive operator yang sudah merencanakan dan menginisiasi kegiatan. Rencana nantinya mungkin ada semacam dive spot yang akan kita dedikasikan untuk presiden,” katanya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Eshty Reko Astuti menambahkan, destinasi Wakatobi dari hari ke hari terus bersolek untuk pariwisata Indonesia. Setian bulan selalu ada event sebagai jurus menarik wisatawan untuk mengunjungi kabupaten maritim di Indonesia itu.

“Wakatobi Wave merupakan puncak dari kegiatan festival di Wakatobi, dan event ini masuk dalam kalender pariwisata nasional. Jika ditotal sepanjang tahun di Wakatobi memiliki 16 event, yang paling besar adalah Wakatobi Wave. Sehingga event Wakatobi ini jelas akan kami dukung untuk promosikan,” ungkap Esthy. [photo special]