ADALAH Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya minta Putra-Putri Pariwisata Nusantara bisa menjadi duta wisata atau endorser untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing pada acara Audiensi dan Press Conference dengan para finalis Putra-Putri Pariwisata Nusantara 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor  Kementerian Pariwisata, Jumat malam (20/4).

Endorser menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang diterapkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggunakan pendekatan POSE (Paid, Owned, Social Media, dan  Endorser).

Dalam menggunakan pendekatan endorser terbagi menjadi dua kelompok, yakni; dari kalangan artis atau selebritis dan komunitas yang tergabung dalam Genpi (Generasi Pesona Indonesia). Saat ini ada 20 selebritis sudah melakukan co-branding Wonderful Indonesia. Endorser dari kalangan selebritis hasilnya sangat cepat menaikan brand Wonderful Indonesia karena mereka mempunyai followers yang besar, mencapai puluhan juta di media sosial. Begitu pula endorser dari komunitas dapat menggerakan dari bawah (bottom up), tentunya memiliki hubungan yang kuat di antara anggota komunitas. [traveltextonline.com]