KEGIATAN sport tourism kini menjadi strategi pemerintah daerah membangun daerahnya, seperti lomba balap sepeda internasional yang mendorong percepatan pembangunan jalan-jalan yang menjadi sarana lomba, sekalgus membangun jalan penghubung ke pelosok-pelosok daerah. Kini Kegiatan lomba memancing internasional juga menjadi pemicu pembangunan ke daerah terpencil.

Hal inilah yang dilakukan pemerintah provinsi Maluku Utara melalui lomba memancing internasional, Widi International Fishing Tournament 2017 (WITF) 2017. Kegiatan yang akan digelar di Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan ini, akan berlangsung pada 25-29 Oktober 2017, dengan memperebutkan piala presiden RI.

Pada peluncuran ini dihadiri oleh Wakil Bupati Halmahera Selatan, Iswan Hasjim; Deputi Bidang Koordinasi SDA & Jasa Kemenko Maritim, Agung Kuswandono; Sekretaris Menteri Pariwisata, Ukus Kuswara; Gubernur Provinsi Maluku Utara, KH. Abdul Ghani Kasuba, Lc; dan Ketua Panitia Nasional WIFT 2017, Profesor Doktor Rokhmin Dahuri. [traveltextonline.com]