Pembatalan Kunjungan ke Bali Berpengaruh ke Bisnis MICE

PEMBATALAN kunjungan wisatawan ke Bali akibat bencana Gunung Agung sangat berdampak pada bisnis Meeting, Incentive, Convention, Exhibition atau MICE  yang disediakan hotel berbintang pulau ini.

Menurut Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan ada sebanyak 20% atau 70.000 pembatalan kunjungan ke Bali. Dari pembatalan ini,  yang paling berdampak adalah MICE. 

“Sementara itu, untuk tingkat keterisian kamar hotel tidak terlalu terpengaruh lantaran pada bulan Oktober memang bukan high season kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Dikatakan, sedangkan tngkat keterisian kamar hotel pada Oktober 2017 biasanya hanya 60% untuk daerah Nusa Dua, dan daerah lainnya di bawah angka itu. Adanya pembatalan kunjungan sebesar 20% ini, akan menurunkan tingkat keterisian kamar sampai 40% ke bawah.

“Walaupun belum semua hotel memberikan laporan tapi dapat kami katakan kira-kira di Bulan Oktober akan berdampak itu pun dari MICE. Data tersebut berdasarkan informasi dari beberapa hotel yang memberikan data mengenai pembatalan-pembatalan kunjungan tamu hotel,” katanya. [photo special]