Pelaku Industri MICE Kini Wajib Memiliki Sertifikasi

ADALAH Asperapi (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia) yang kembali mengadakan pertemuan belum lama ini di mana para pelaku industri MICE (Meeting, Incentives, Convention & Exhibition), pemilik venue, dan media diundang untuk berkumpul dan berbincang tentang topik-topik yang sedang hangat di industri MICE.

Menurut Ketua Asperapi Effi Setiabudi mengatakan bahwa salah satu kekuatan MICE Indonesia adalah banyaknya populasi masyarakat yang tertarik untuk pergi ke event. Selain itu, peluang MICE di Indonesia sangatlah besar. Disini pelaku industri MICE Indonesia penting untuk memiliki sertifikasi agar event yang terlaksana didukung oleh personel yang mumpuni dan terjamin keahliannya.

“Sedangkan mengenai pentingnya sertifikasi MICE, bahwa sertifikasi untuk para pelaku industri MICE ada banyak jenisnya, dan setiap bagian ada unit-unit tersendiri yang diujikan. Salah satu bagian yang disertifikasi adalah logistik yang terdiri dari enam unit,” ujarnya.

Dikatakan, ada dua jalur sertifikasi, yakni berasal dari pendidikan dan berasal dari profesi. Para peserta sertifikasi nantinya juga wajib menunjukkan bukti pengalaman yang akan dicantumkan di log para peserta yang kemudian akan dikonfirmasi oleh pemerintah.

“Seperti bidang-bidang lainnya sudah punya sertifikasi menunjang pariwisata, para kalangan pelaku industri MICE pun diharapkan mulai sekarang sudah wajib memiliki sertifikasi MICE,” katanya. [photo traveltext]