JCC Mendulang Untung Bidik Acara Wisuda Hingga Konser Musik

DALAM lini bisnis, Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) pun melayani penyewaan gedung untuk wisuda ataupun event hiburan. Hampir setiap tahun, beberapa universitas Tanah Air pun tercatat menyelenggarakan wisuda di JCC.

Menurut Yogi Wirawan, General Manager Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) mengatakan universitas yang setiap tahun mengadakan wisuda yaitu Trisakti, Tarumanegara, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rawamangun, Jayabaya, Moestopo beragama.

"Mulai semua kalangan pernah ke JCC, dan pemesanan gedung untuk wisuda ada treatment berbeda. Seperti penyediaan tempat makanan (kafe) bagi tamu wisudawan. Begitu pula dengan konser musik. Hanya saja, Yogi menyebut bahwa kini, konser musik mancanegara di JCC tidak sebanyak tahun 1993. Misalnya tahun 1993 sampai 1997 sebelum krisis, musisi terkenal seperti Whitney Houston, The Police, The Who, ABBA hingga Lionel Richie menggelar konser di JCC,” ujarnya.

Dikatakan, kalau dilihat, penampilan musisi seperti Justin Bieber, Michael Bubble, Avril Lavigne atau lainnya mungkin perform kadang di ICE, Istora atau Ancol karena space bisa lebih besar. Nah, untuk JCC, yang menyelenggarakan konser atau acara hiburan seperti Berlian Entertainment, atau stasiun televisi yang mendatangkan musisi lokal seperti Judika, Krisdayanti, Rosa dan lainnya.

"Kalau sampai saat ini belum ada konfirmasi konser musik di JCC, biasanya organizer sudah pesan tapi belum bilang pengisi acaranya siapa saja. Belakangan baru bilang. Bicara soal pendapatan, saya pun tak bisa menyebutnya. Hanya saja kontribusi pendapatan diperoleh dari penyewaan ruangan, penjualan makanan lewat kafe di JCC, serta soundsystem, lighting dan lainnya,” katanya. [kontan.co.id/photo special]