Hotel & Resort di Lombok Kini Mulai Incar Sektor MICE

INDUSTRI Meeting, Incentive, Convention & Exhibition (MICE) di Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Lombok dalam dua tahun terakhir melonjak cukup besar. Banyak event berskala nasional yang diadakan di Lombok sehingga membutuhkan kapasitas MICE dan juga ketersediaan kamar hotel yang memadai.

Selain dalam rangka MICE, para peserta biasanya juga ingin menikmati keindahan alam pulau Lombok sehingga lokasi acara pun dipilih yang dekat dengan pantai seperti di kawasan Senggigi, Lombok Barat.

Menurut General Manager Aruna Senggigi Resort Firman Farid Latif mengatakan, tidak banyak akomodasi yang menyediakan fasilitas resort sekaligus lokasi MICE yang memadai. Untuk itu, peluang untuk menggarap sektor ini masih terbuka cukup besar.

"Di kawasan Senggigi tidak banyak, dan kami cukup lead untuk MICE. Orang kan MICE ke lombok pengen di resort, kalau di kota ya buat apa ke Lombok," ujar Firman.

Sementara Aruna Senggigi telah melakukan re-branding selama satu tahun dari Graha Beach Senggigi Hotel menjadi Aruna Senggigi Resort and Convention yang dikelola Topotels.

“Untuk target hingga akhir tahun diperkirakan okupansi dan MICE bisa berjalan seiring pada kisaran 65%. Untuk itu, pihak resort telah melakukan penjajakan khususnya ke agen-agen perjalanan dalam dan luar negeri antara lain Korea Selatan, China, dan Polandia,” katanya.

Dikatakan, kita sudah kerja sama dengan travel agent dari Korea Selatan sehubungan dengan adanya direct flight Jin Air sekitar akhir Juli. Dengan Polandia sudah masuk series wisatawannya sebulan sekitar dua kali masing-masing sekitar 15 orang. [antaranews/photo special]