KEMENTERIAN Pariwisata lewat Menpar Arief Yahya menerima penghargaan ESQ Award 2018 untuk kategori Outstanding Achievement on Development of Indonesia Tourism yang diselenggarakan di Menara 165, Jakarta belum lama ini. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Founder ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian ini merupakan bentuk apresiasi ESQ terhadap kinerja Kementerian Pariwisata dalam memajukan pariwisata Indonesia.

Pariwisata Indonesia terus menunjukan performansinya. Pada 2017 lalu, The Telegraph menetapkan Indonesia sebagai salah satu dari Top 20 Fastest Growing Tourism Industry in The World. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia saat ini tumbuh 22% atau tiga kali lipat dibanding rata-rata pertumbuhan dunia (6%) dan Asia Tenggara (7%).

Bahkan pada tahun 2018 ini, Indonesia mengalami kenaikan peringkat, menempati posisi kedua dalam Global Moslem Travel Index. Setelah pada 2015 meraih peringkat 6, 2016 meraih rangking 4, dan 2017 menduduki peringkat 3. [traveltextonline.com]