Pentingnya Sosial Media, H3 Gelar Workshop PResence

HIMPUNAN Humas Hotel (H3) Jakarta kembali menyelenggarakan kegiatan PResence Series dengan topik Social Media for Business bagi Humas Hotel Jakarta untuk meningkatkan ‘brand awareness’ secara maksimal namun berhasil mengkonversinya menjadi penjualan bertempat di Solo Lounge, Grand Sahid Jaya Hotel belum lama ini.

Menurut Debby Setiawaty, Ketua H3 Jakarta mengatakan di era digital ini perlu untuk memperhatikan pentingnya social media serta untuk memperkuat informasi yang hotel bakal tampilkan agar dapat informasi-informasi tersebut bisa sampai ke audience yang kita sasar melalui social media.

“Nah, dalam kaitan tersebut PResence Series sengaja menghadirkan pembicara terkenal dan ahli dalam social media berbasis di Melbourne, Australia adalah Ading Attamimi dan Christina Tan, Social Media Specialist dan Luxury Influencer untuk berbagi pengalamannya kepada para PR hotel di Jakarta,” ujar Debby Setiawaty.

Dikatakan, workshop ini kami rasa sangat penting untuk mengasah pengetahuan yang lebih dalam lagi bagi anggota H3 Jakarta, juga agar mereka selaku praktisi Humas Hotel ketika menyusun serta menggunakan social media sebagai konten yang lebih menarik, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Karena social media merupakan ringkasan eksekutif dari hal-hal yang layak diberitakan dengan pendekatan yang berbeda.

Sementara Ading Atamimi mengatakan memprediksi tahun ini konsumsi konten digital akan tumbuh lebih besar dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, hal tersebut dikontribusi oleh tumbuhnya penggunaan media sosial dan meningkatnya pengguna Internet di Indonesia yang menurut data telah mencapai lebih 132,7 juta pengguna Internet aktif.

"Peningkatan itu akan terus menstimulasi konsumsi konten digital dan membangunkan kembali para penulis konten. Berdasarkan observasi konsumsi artikel dan video online juga mengalami peningkatan sekitar 25% dari total keseluruhan masyarakat yang mengkonsumsi konten online. Selain itu, data tersebut juga menyebutkan saat ini ada sebanyak 7.000 jurnalis dan editor yang telah bekerja untuk industri media di Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkannya, kelompok masyarakat yang paling dominan mengkonsumsi konten daring tersebut adalah pria dari usia 19-25 tahun dan kelompok masyarakat berusia 31 tahun ke atas.‎ Rasio perbandingan pengkonsumsi konten dari tersebut antara pria dan wanita adalah 4:1. Terhitung hampir sebesar 70% dari total konsumen konten digital ini ada di usia itu dan rasio pengguna pria dan wanita sekitar 4:1.

“Konten online yang paling banyak dibuka oleh masyarakat adalah berita hiburan yaitu sekitar 30%, berikutnya adalah konten sosial sekitar 19% dan olahraga sekitar 18%. Sisanya, membuka konten berita lain. ‎Hampir 40 dari 100 pengguna yang berselancar di Internet setiap hari pasti membuka konten yang sering dibuka adalah kategori konten Hiburan, Olahraga, Teknologi, Kesehatan dan Gaya Hidup," katanya.

Dia berpandangan Internet merupakan sarana terpenting ke dua dalam penyebaran konten dan mendorong banyaknya pengguna media sosial serta smartphone di Indonesia. Jadi sebagai Public Relations hotel hendaknya mulai sekarang menggunakan social media sebagai promosi hotel Anda, terutama bagi para generasi milenial yang eksis di media social, lebih instagramable.

“Konsep dari destinasi digital, adalah experience based product, yang diciptakan melihat gaya hidup masyarakat yang 70% aktif di dunia digital, dan hotelier pun didorong untuk semakin kreatif dalam memikirkan dan menciptakan objek gambar (video) yang instagramable di media social tersebut,” ungkap Ading Atamimi. [traveltextonline.com]