#ARTOTELFORHOPE, Harapan untuk Teman-teman dengan Mental Disabilitas

ARTOTEL Project Series (APS), Event Management dari ARTOTEL Group kembali menyelenggarakan #ARTOTELforHOPE, sebuah program sosial yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru.

Menurut Erastus Radjimin, CEO ARTOTEL Group mengatakan acara berlangsung secara serentak di ARTOTEL Jakarta, Surabaya, dan Bali pada tanggal 1-31 Desember 2017, #ARTOTELforHOPE mengajak para tamu hotel untuk menuliskan harapannya yang ingin diraih di tahun baru  dalam sebuah post-it dan kemudian ditempelkan di Dinding Harapan (Wall of Hope) yang tersedia di area lobby setiap hotel, serta program penggalangan dana untuk kegiatan sosial yang telah ditentukan oleh APS.

“#ARTOTELforHOPE kali ini hadir dengan mengusung tema “Harapan untuk Mental Disabilitas,” dimana APS bekerjasama dengan Yayasan Sosial yang melakukan kegiatan rehabilitasi mantan penyandang Skizofrenia menyelenggarakan kegiatan Workshop Art Therapy, yaitu penyuluhan seni kepada penderita sehingga mereka dapat menggunakan seni sebagai penyaluran emosi mereka dan diharapkan dapat membantu proses penyembuhan mereka lebih cepat. Workshop Art Therapy ini dipimpin langsung oleh Art Manager ARTOTEL Group, Safrie Effendi,” ujarnya.

Dikatakan, selanjutnya, #ARTOTELforHOPE melakukan kampanye kepedulian sosial terhadap para penderita Skizofrenia dan mantan penderita Skizofrenia melalui penggalangan dana dari para tamu hotel selama satu bulan, pada tanggal 1-31 Desember 2017, dengan cara: Menyisihkan Rp5000  dari setiap transaksi kamar untuk tamu FIT/Individual, Menyelenggarakan pameran karya seni dari para peserta Workshop Art Therapy di ARTSPACE ARTOTEL yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

“Penjualan 1 paket Postcard dengan karya seni dari para peserta Workshop Art Therapy seharga Rp.10.000. Workshop Art Therapy untuk masyarakat umum dengan tenaga pengajar Art Manager ARTOTEL Group dan para praktisi psikologi yang juga memiliki keahlian melukis. Keuntungan dari hasil penjualan karya seni, post card, dan uang pendaftaran workshop art therapy akan disumbangkan semuanya ke yayasan sosial yang telah ditunjuk oleh masing-masing hotel,” katanya

Ditambahkannya, adapun hasil tersebut akan disumbangkan ke Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), yang berada di Jl. Limo No.26, RT.5/RW.2, Bali Mester, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Liponsos yang berada di Jl. Keputih Tegal No.32, Surabaya, Rumah Berdaya (RB) Denpasar, merupakan lengan pemberdayaan dan rehabilitasi psikososial yang didirikan oleh Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) simpul Bali dan didukung oleh pemerintah kota Denpasar dengan dinas kesehatan dan sosial serta didukung oleh berbagai institusi dan komunitas.

“Melalui #ARTOTELFORHOPE kami ingin mengajak para tamu ARTOTEL untuk mengekspresikan harapannya yang ingin diraih di tahun depan dan juga menunjukkan kepedulian sosialnya. Dengan tetap mengusung seni dan kreatifitas dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh APS, perhatian #ARTOTELFORHOPE tahun ini kami tujukan kepada teman-teman kita yang kurang beruntung karena mengalami mental disabilitas,” ungkap Eratus Rajimin.

Dijelaskannya kembali, kami berharap mereka tidak dikucilkan namun diajak berkarya melalui seni. Ternyata seni merupakan terapi yang mujarab untuk membantu kesembuhan para penderita, bahkan memberi kesempatan mereka untuk kembali berkarya, seperti yang diutarakan oleh para pakar psikologi yang menjadi mitra kerjasama kami dalam menjalankan program #ARTOTELFORHOPE tahun ini.

“Oleh karena itu, dengan menginap di ARTOTEL yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Bali selama bulan Desember, para tamu secara otomatis ikut dalam program sosial yang kami selenggarakan. Selain itu, para tamu juga bisa membeli karya seni atau postcard yang menampilkan hasil karya dari para mantan penyandang Schizofrenia yang memiliki bakat terpendam di dunia seni,” tambahnya. [traveltextonline.com]