Pemerintah Daerah Disarankan Harus Kompak Buat Paket Wisata

PEMERINTAH daerah (Pemda) khususnya di Provinsi Jawa Barat harus kompak dalam membangun potensi pariwisata dengan cara membuat paket wisata menarik yang dapat ditawarkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah menyatakan tidak berjalan sendiri membangun pariwisata, harus dibangun sama-sama, tidak bisa sendiri-sendiri. Kekompakan membangun pariwisata itu dapat dicontohkan oleh kepala daerah di wilayah Priangan Timur yakni Kota/Kabupaten Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

“Kota/kabupaten tersebut dapat duduk bersama membangun pariwisata dan menyiapkan paket wisata menarik yang dapat dijual kepada wisatawan. Duduk bareng, bikin paket wisata saja, misal daerah Garut Tasikmalaya, supaya wisatawan bisa berlama-lama," ujarnya.

Dikatakan, saya berharap, kepala daerah maupun aparatur pemerintahan dapat memahami potensi sektor pariwisata sehingga dapat dijalankan dan dikembangkan dengan baik. Pemerintah pusat termasuk DPR RI, siap membantu dalam mendorong dan mengembangkan pariwisata sehingga memiliki daya tarik dan dapat mengundang banyak pengunjung.

"Kalau dinasnya bobo, ya kegiatannya bobo, kalau kadis (kepala dinas)nya semangat, ya saya juga semangat, komitmennya ada di tataran bupati dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Banyak daerah  memiliki potensi salah satunya pariwisata yang luar biasa, namun sayangnya, tidak dibarengi dengan pola manajemen dan pemasaran yang baik, padahal kepariwisataan di Indonesia kini menjadi prioritas pembangunan nasional,” katanya.

Ditambahkannya, saya menyarankan agar kepala daerah turun langsung ke desa yang kini menjadi pilihan wisatawan dalam berwisata, sehingga dapat memotivasi masyarakat dalam membangun desa wisata berbudaya lokal. Saya kira bila bupati datang akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat, sehingga memicu mereka membangun wisatanya. [antaranews/photo special]