Menpar Arief Yahya Buka Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

MENTERI Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membuka sekaligus menjadi keynote speech dalam Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Kegiatan WICF yang baru pertama kali dan akan diselenggarakan secara berkala oleh Kemenpar ini sebagai upaya mengajak brand perusahaan besar, menengah, maupun kecil di seluruh Tanah Air untuk melakukan kolaborasi melalui co-branding partnership dengan brand Wonderful Indonesia (WI) atau Pesona Indonesia (PI) dalam rangka mensukseskan target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019,” ujar Arief Yahya.

Dikatakan, kegiatan WICF didahului dengan panandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemenpar dengan brand yang telah mencapai kesepakatan kerjasama co-branding partnership,  kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang terbagi dalam sesi Wonderful Indonesia Co-Branding: Building Extensive Global Exposure through Brand Collaboration  dan sesi Pesona Indonesia Co-Branding: Sharing Resources for Branding Campaign Effectiveness dengan menampilkan narasumber dari kalangan praktisi atau pebisnis, dan diakhiri dengan komitmen bersama brand dalam mensukseskan pencapaian target 20 juta wisman.

“Co-branding partnership sebagai kerjasama antara dua brands yang berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan brand value dari keduanya. Melalui co-branding akan tercipta sinergi di mana 1 + 1 bukannya 2, tapi bisa 3 atau lebih. Artinya, the whole is bigger than the parts, hasil gabungan lebih besar dari jumlah bagian bagiannya. Dengan ber-co-branding kekuatan brand equity dari kedua brand akan berlipat-lipat,” katanya.

Ditambahkannya, saya juga memberikan apresiasi diadakannya WICF yang dilandasi semangat Indonesia Incorporated. Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand  PI  di pasar domesik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan Bigger-Broader-Better together.

“Inisiatif co-branding partnership ini diluncurkan untuk memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI terlihat dari brand equity WI/PI kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir,” ungkapnya. [traveltextonline.com]