Lagi, Indonesia Destinasi Selam Terbaik Versi Dive Magazine

ADALAH majalah Dive Magazine yang bermarkas di London baru saja merilis hasil pemungutan suara online tentang destinasi bawah laut dan dive center terbaik dunia.

Dari pemungutan suara yang digelar pada 1-31 Oktober lalu, Indonesia kembali menjadi juaranya. Indonesia selama dua tahun berturut-turut menjadi juara destinasi terbaik versi Dive Magazine berdasar pilihan ribuan netizen dari berbagai penjuru dunia.

Indonesia merajai 10 besar destinasi terbaik mengalahkan rival kelas berat seperti Fiilipina, Azires, Meksiko, Maldiva, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji, dan Papua Nugini. Indonesia mengantongi 1.067 suara atau 11,45 persen dari total 9.399 suara.

Kemudian kategori kedua adalah menjadi resor selam terbaik yang diwakilkan Siladen Resort and Spa di Kawasan Taman Nasional Bunaken, Manado. Pesaing terdekatnya adalah Helengeli Island Resort di Maldive.

Berdasar survei online itu, tujuh dari 10 dive center terbaik versi Dive Magazine ada di Indonesia. Selain Siladen di peringkat pertama, ada pula Wakatobi di urutan ketiga.

Selanjutnya, peringkat dive center terbaik secara berurutan adalah Lembeh Resorts (Sumatera Barat), Atmosphere Dauin (Filipina), Misool (Papua Barat), Papua Paradise (Papua Barat), Atlantis International Diving (Bali), Blue Corner (Bali), serta Aiyanar (Filipina).

“Membanggakan! Tahun lalu, pilihan pembaca Dive Magazine juga menempatkan Indonesia sebagai nomor satu dunia! Tahun ini juga kita rebut kembali,” ujar Arief Yahya dalam siaran persnya.

Dikatakan, ada tiga jenis kategori yang disodorkan ke pemilih untuk dipilih secara online. Yakni destinasi terbaik (best destination), dive center atau resor selam terbaik, serta live boards (kapal pesiar atau yacht untuk tinggal bagi wisatawan) terbaik. [traveltext/photo special]