Jepang Kian Gencar Saja Bidik Wisatawan Asal Indonesia

NEGARA Asia mana yang paling menarik bagi semua untuk dikunjungi, hampir pasti, Jepang akan ada di dalam daftar destinasi wisata impian mereka. Begitu banyak warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Negeri Sakura. Hal itu tidak mengherankan, karena Jepang memang menyimpan daya tarik wisata luar biasa bagi penikmat pelesir di seluruh dunia.

Menurut Direktur Eksekutif, Jakarta Office, Japan National Tourism Organization (JNTO), Hideki Tomioka, belum lama ini saat pembukaan Japan Incentive Travel Seminar Jakarta mengatakan segalanya ada di Jepang; mulai dari wisata budaya, belanja, alam, teknologi, religi, kuliner, urban, dan masih banyak lagi. Dari tahun ke tahun pun, kunjungan wisatawan Indonesia ke sana tercatat terus meningkat.

“Selama Januari-Juli 2016 tercatat ada 154.000 wisatawan Indonesia yang mengunjungi Jepang. Angka tersebut melesat 31,1% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2017 ini, tercatat 270,947 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang,” ujarnya.

Dikatakan, saya optimistis negara Jepang mampu mencapai target kunjungan wisatawan dari Indonesia sebanyak 500.000 orang sepanjang tahun ini. Adapun tujuan favorit orang Indonesia di Jepang, wilayah yang paling banyak menjadi destinasi warga RI adalah Tokyo, disusul berturut-turut dengan Kansai, Osaka, dan Pulau Hokkaido.

“Kebanyakan pelancong Indonesia yang bertandang ke Jepang menghabiskan waktu untuk berbelanja pernak-pernik unik dan otentik Negeri Samurai yang tidak bisa dijumpai di negara lain. Selain itu, wisata kuliner khas Jepang menjadi agenda wajib orang Indonesia. Di sana, mereka juga selalu menyempatkan waktu mencari jajanan atau penganan unik untuk dibawa sebagai oleh-oleh,” katanya.

Ditambahkannya, apalagi saat ini Jepang giat mempromosikan kulineri dan wisata halal. Kami memahami kebutuhan informasi semacam ini bagi wisatawan Indonesia yang mengunjungi Tokyo. Sebab, pertumbuhan wisatawan Indonesia ke Jepang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Diantaranya berkunjung ke masjid bergaya Utsmaniyah itu menjadi salah satu obyek wisata religi yang unik di Ibukota Jepang. Banyak wisatawan dari Indonesia, Malaysia, Turki, dan Pakistan yang tidak melewatkan kesempatan mampir ke sana saat berada di Tokyo,” ungkap Hideki Tomioka. [traveltextonline.com/photo special]