Ada 10 Desa Terbaik sebagai Peraih Desa Wisata Awards 2017

ADALAH Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yang memberi penghargaan untuk 10 desa yang berhasil mengembangkan daerahnya di bidang wisata.

Menurut Eko mengatakan sebanyak 10 desa itu menjadi yang terbaik dalam tiap kategori Desa Wisata Awards 2017 yang digelar Kementerian Desa PDTT.  Semoga anugerah ini, juga memotivasi desa-desa lainnya untuk mengembangkan potensi pariwisata daerahnya.

“Penghargaan itu diberikan kepada Nagari Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat untuk kategori Pengembangan Desa Wisata Tercepat. Lalu, Desa Madobak, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat untuk kategori Desa Wisata Adat. Desa Tamansari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyabet kategori Desa Wisata Pemanfaatan Jejaring Bisnis,” ujarnya.

Dikatakan, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur meraih juara untuk kategori Desa Wisata Agro. Kemudian, Desa Sungai Gentung, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta menjadi yang terbaik untuk kategori Desa Wisata Iptek. Desa Udub, Kabupaten Gianyar, Bali meraih predikat terbaik untuk kategori Desa Wisata Budaya. Desa Waturaka, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur sebagai yang terbaik kategori Desa Wisata Alam.

“Selanjutnya, Desa Ponggok, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyabet kategori Desa Wisata Pemberdayaan Masyarakat. Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau menjadi yang terbaik kategori Desa Wisata Kreatif,” katanya.

Ditambahkannya, dan terakhir, Desa Bontagula di Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur menjadi yang terbaik untuk kategori Desa Wisata Maritim. Masing-masing desa pemenang mendapatkan bantuan pengembangan desa Rp50 juta. [antaranews/photo special]