Pegolf Amatir Juarai Turnamen Indonesia Golf Tour Seri 3

PUTARAN ketiga yang merupakan hari terakhir dari Indonesian Golf Tour Seri (IGT) III di Palm Hills Golf Club, Bogor, berakhir tanpa kejutan. Salah satu pegolf amatir terbaik Indonesia, Naraajie Emerald R.P., tanpa mengalami kesulitan menyabet gelar juara pertama di turnamen professional yang berhadiah Rp200 juta ini.

Pegolf yang hari ini genap berusia 19 tahun ini menutup permainan di putaran terakhir ini  dengan skor 70 (dua-di bawah par), dan kukuh di puncak leaderboard sejak hari pertama. Ia mengumpulkan skor total 206 (10-di bawah par).

Hasil ini melengkapi dominasi atlet golf nasional yang sedang dipersiapkan di Asian Games Agustus nanti. Tidak hanya itu, Naraajie pun mengukir rekor skor total terendah IGT di Palm Hills setelah sebelumnya rekor tersebut dipegang Joshua Andrew Wirawan dengan tujuh-di bawah par ketika memenangi IGT Palm Hills tahun lalu.

“Setelah beberapa kali gagal meraih juara, saya senang sekali akhirnya bisa menang. Hari ini strategi permainan saya berjalan cukup baik, meski kondisi cuaca lebih berat (lebih sering turun hujan). Pengalaman kemarin (karena hujan) yang membuat permainan saya terganggu menjadi pelajaran untuk menghadapi kondisi cuaca seperti hari ini. Skor yang diraih hari ini memang tidak sebesar dua hari pertama disebabkan putt saya kurang bagus. Tetapi overall pukulan saya tidak ada masalah, bagus semua,” ujar Naraajie.

Yang menarik, Naraajie bukan satu-satu-nya pegolf amatir yang mendominasi leaderboard. Dua pegolf amatir nasional lainnya, Kevin Akbar dan Jonathan Wijono, bersama-sama menduduki posisi kedua.

Kevin yang sehari sebelumnya terpaut delapan pukulan dari Naraajie dan berada di posisi T12 bermain impresif di putaran akhir. Dia merangsek ke posisi kedua setelah mencetak skor 65 (7-di bawah par). Sedangkan, Jonathan yang sehari sebelumnya berada di posisi kedua berhasil mempertahankan posisi setelah bermain dengan skor 71 (satu-di bawah par). Keduanya sama-sama membukukan skor total 209 (tujuh-di bawah par).

Hadiah uang sebesar Rp34 juta untuk pemenang pertama justru diterima oleh Fajar Winnuryanto yang berada di posisi keempat. Status Naraajie, Kevin, dan Jonathan yang merupakan pemain amatir tidak diperbolehkan menerima hadiah uang.

Fajar berhasil menyodok ke posisi keempat setelah membuat skor 68 (empat-di bawah par) dengan total 211 (lima-di bawah par). Di putaran ketiga ini Fajar bahkan membukukan hasil tanpa cela, tanpa membuat satu bogey pun.

“Setelah mengevaluasi hasil di dua hari pertama (71-72), saya mencoba untuk bermain tanpa memikirkan beban apa pun. Saya mulai berpikir golf ketika mulai melakukan pukulan. Ternyata, ini memberikan hasil positif. Saya pun lebih percaya diri bermain di hari terakhir ini,” kata Fajar. [traveltextonline.com]