Santika Premiere ICE Sajikan Makanan Kuno Kesultanan Banten

ADALAH Hotel Santika Premiere ICE-BSD City yang kembali mempersembahkan kuliner khas Banten sebagai menu andalan pada bulan April ini, yaitu Sate Bandeng.

Menurut Riana Megawati, Assistant Public Relations Manager hotel seperti yang dikutip dari berbagai sumber, hidangan khas Banten ini awalnya merupakan racikan dari juru masak atau chef Kesultanan Banten pada abad ke-16 yang dihidangkan untuk menjamu para tamu kerajaan.

“Nah, karena rasanya yang lezat dan gurih, Sate Bandeng menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Banten hingga saat ini. Sate Bandeng merupakan satu-satunya sate di Indonesia yang menggunakan ikan sebagai bahan utama dan diolah hingga tidak memiliki duri atau tulang,” ujarnya.

Dikatakan, adapun proses pembuatannya dapat dibilang cukup unik dan rumit dengan menghabiskan waktu kurang lebih 60 menit. Untuk menghilangkan duri pada ikan, terlebih dahulu seluruh daging didalam badan ikan dikeluarkan dari bagian insang dan dipisahkan dengan durinya.

“Daging kemudian dibumbui dengan rempah-rempah lalu dimasukan kembali kedalam badan ikan lalu dibakar dan siap dihidangkan. Oleh karena itu ketika berkunjung ke Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang ini, jangan lewatkan untuk mencicipi Sate Bandeng, makanan kuno sebagai warisan kuliner Kesultanan Banten di Santika Premiere ICE-BSD City,” kata Riana. [traveltextonline.com]