You are here

Wika Realty Bakal Garap Apartemen Rp280 Miliar

PT Wijaya Karya Tbk bersama dengan anak usahanya PT Wijaya Karya Realty akan membangun apartemen di daerah Cawang, Jakarta Timur pada tahun ini dengan investasi sebesar Rp280 miliar.

Menurut Direktur Keuangan PT Wijaya Karya Ganda Kusuma seperti yang dikutip dari bisnis.com  mengatakan investasi tersebut di luar pembebasan tanah karena dibangun masih di lahan perseroan. Menurutnya pembangunan apartemen akan dilakukan pada Juli atau Agustus tahun ini di atas lahan seluas 6.000 m2 dan diharapkan dapat selesai pada akhir tahun depan.

"Rencananya apartemen tersebut terdiri dari 1 tower dengan 550 unit kamar. Kami akan menawarkan dengan harga Rp300 juta-an. Konsep bangunannya nanti mix-use tidak hanya apartemen, tetapi juga ada kondotel, ruang rapat dan restoran," ujarnya.

Dikatakan nantinya apartemen tersebut dapat menjadi icon Jakarta Timur karena wilayah ini sebagai tempat transit dari arah Bogor dan Bandung. Orang ingin rapat nantinya tidak perlu masuk ke pusat Jakarta karena macet, cukup di Jakarta Timur.

“Saat ini, terkait dengan pembangunan apartemen tersebut, perseroan masih menunggu persetujuan dari Bandara Halim Perdana Kusuma mengenai ketinggian bangunan. Rencana sebelumnya apartemen tersebut terdiri dari 22 lantai, tetapi tidak mendapatkan persetujuan dari pihak Bandara,” katanya.

Ditambahkannya, perseroan tidak akan mengoperasikan kondotel dan akan diserahkan kepada operator hotel yang saat ini masih dalam tahap penyeleksian. Selain di Jakarta Timur, Wika Realty juga berencana membangun apartemen di Bandung, Surabaya dan Manado yang akan dibangun dalam 3 tahun.

Tahun lalu, anak usaha Wika ini telah merampungkan Tamansari Sudirman Executive Residence yang merupakan proyek apartemen pertama yang dikembangkan. Apartemen tersebut memiliki 450 unit dan terjual dalam 1,5 tahun.

Setelah itu, Wika Realty mengembangkan proyek sejenis yaitu Apartemen Semanggi yang sebelumnya dikembangkan oleh pengembang lain dan terhenti. Wika Realty kemudian bekerjasama membangun proyek apartemen yang terhenti itu.

Saat ini perseroan memiliki proyek kerjasama di 6 lokasi yaitu Tamansari Metropolitan (Manado), Tamansari Majapahit dan The Hill Tamansari (Semarang), The Green Tamansari (Surabaya), Tamansari Semanggi Apartement dan Tamansari Sudirman Executive Residence (Jakarta).

Selain itu, Wika juga memiliki proyek di atas lahan sendiri seperti Tamansari Bukit Mutiara (Balikpapan), Taman Sari Puri Bali (Sawangan, Depok), Grand Tamansari (Samarinda), Fatmawati Festival (Jakarta), Tamansari Manglangyang Regency (Bandung) dan Tamansari Pelabuhan Ratu (Sukabumi).

Add new comment