Pemerintah Bakal Bangun Tiga Rest Area di Danau Toba

PEMERINTAH akan membangun tiga kawasan rest area atau tempat peristirahatan yang terintegrasi dengan kegiatan pariwisata lainnya di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW),Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hadi Sucahyono di Medan mengatakan tiga lokasi rest area itu direncanakan di sekitar Balige, Tele, dan Merek. Master plan integrated tourism itu sudah ada dan rest area itu segera dibangun.

“Adapun master plan wisata terintegrasi di Danau Toba itu juga dilakukan di Borobudur, Jawa Tengah, Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat yang menjadi prioritas dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Tujuan pembangunan tempat peristirahatan yang dilengkapi dengan loaksi atraksi dan lainnya yang berbau kepariwisataan itu bertujuan mendorong jumlah wisatawan mancanegara," ujar Hadi.

Dikatakan, pendanaan untuk proyek di tiga KSPN tersebut mendapat bantuan dari World Bank atau Bank Dunia sebesar US$300 juta. Bantuan berupa pinjaman dan hibah itu untuk pembangunan fisik dan lainnya. Direncanakan proyek itu dibangun dalam tahun ini juga.

“Adanya Integration Tourism Master Plan (ITMP) itu menunjukkan adanya kebersamaan dan koordinasi dalam hal penanganan bidang kepariwisataan. Pembangunan pariwisata bukan hanya di bidang infrastruktur, tetapi juga non-infrastruktur sehingga perlu kerja sama yang kuat antarkementerian dan lainnya," katanya.

Ditambahkannya, tiga kawasan itu yakni Danau Toba, Mandalika dan Borobudur itu disiapkan bertaraf internasional karena memang bertujuan menarik wistawan mancanegara. [antaranews/photo special]