Jumlah Wisatawan Indonesia Pesiar dengan Royal Caribbean Naik

KENDATI belum punya rute khusus ke Indonesia pertumbuhan jumlah wisatawan Indonesia yang berpesiar menggunakan kapal pesiar meningkat 100%. Peningkatan itu berdasarkan data yang dimiliki oleh Royal Caribbean Cruises.

Menurut Sean Treacy, Managing Director Royal Caribbean Cruise Asia-Pasifik dalam Media Briefing Royal Carribean di Jakarta, Rabu (11/10) mengatakan peningkatan sebanyak 100% ini didominasi oleh segmen Free Individual Travel (FIT), dan peningkatan ini dari jumlah wisatawan Indonesia secara Year on Year (YoY) yang berwisata dengan Royal Caribbean. Indonesia saat ini menjadi negara yang paling berkembang di Asia. Tahun ini Indonesia mencatatkan rekor pertumbuhan.

“Apalagi saya mendengar bahwa Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pariwisatanya yang ingin mendongkrak wisatawan kapal pesiar datang ke Indonesia lewat pembenahan dermaga khusus bagi kapal pesiar. Nah, untuk itu perusahaan kapal pesiar terbesar di dunia yang berbasis di Miami, Amerika Serikat ini bila tidak ada halangan pihak Royal Caribbean bakal membuat program khusus kapal pesiar mulai tahun depan, yakni dengan paket Lebaran Cruise. Program khusus tersebut yang akan diluncurkan pada Juni 2018, termasuk saat periode Lebaran pada 15 Juni sampai 19 Juni 2018,” ujar Sean Treacy.

Dikatakan, bersamaan dengan program tersebut tahun depan Royal Caribbean bakal mengoperasikan kapal pesiar yang diklaim terbesar di dunia yang saat ini tengah proses pembuatan yakni Symphony of The Sea. Kapasitas kapal pesiar ini punya kapasitas kamar lebih banyak 28 kamar ketimbang kapal terbesar Royal Caribbean yakni Harmony of The Sea.

Sayangnya, pihak Royal Caribbean tidak merinci lebih lanjut soal rute dari Lebaran Cruise tersebut. Yang jelas, titik awal program tersebut berada di Singapura, begitu pula ketika ditanya mengenai tidak adanya rutek e sejumlah pelabuhan besar di Indonesia karena dinilai untuk berlabuh ke Pelabuhan Benoa Bali saja membutuhkan waktu berlayar memakan waktu 3-4 hari dari Singapura. Sedangkan para wisatawan mengambil paket liburan hanya 3-4 hari paling lama.

“Royal Caribbean saat ini menawarkan musim terpanjang pelayaran di Asia Tenggara dengan 76 pelayaran dari Singapura, dimulai dari bulan September 2017 hingga Juni 2018, dimulai dengan Mariner of the Seas diikuti dengan Ovation of the Seas dan Voyager of the Seas yang telah mengalami renovasi dengan memakan investasi sebesar US$80 juta,” katanya.

Ditambahkannya, memang sejauh ini belum ada kapal Royal Caribbean yang berlabuh khusus di Indonesia. Termasuk dua kapal pesiar yang kerap berkeliling di benua Asia, yakni Mariner of The Seas dan Voyazer of The Seas. Royal Caribbean tercatat mempunyai 26 kapal pesiar yang rata-rata berukuran jumbo. Waktu itu, kami pernah datang ke Indonesia untuk transit antara dua sampai tiga kali dengan tujuan rata-rata ke Benoa, Bali.

“Mudahan-mudahan nanti pada 2019 akan ada destinasi khusus Indonesia sendiri, pada saat itu, sarana dan prasarana dermaga pelabuhan untuk sandar kapal pesiar besar milik kami sudah tersedia. Salah satunya adalah proyek pembangunan dermaga kapal pesiar di Benoa, Bali,” ungkap Sean.

Dijelaskannya kembali, kami optimistis wisatawan Indonesia didominasi oleh orang-orang yang pertama kali mencoba wisata kapal pesiar. Potensi wisata kapal pesiar untuk wisatawan Indonesia masih besar. Strategi kami ke depannya akan mendistribusi lebih banyak ke travel agent untuk paket wisata FIT. Lalu, kami juga akan meningkatkan brand awareness Royal Caribbean selain di Jakarta seperti Medan, Surabaya, dan Bandung.

Untuk sementara, lanjutnya, kami belum bisa menjelaskan bentuk paket wisata kapal pesiar ke Indonesia tersebut. Biasanya, paket kapal pesiar itu untuk waktu enam hari lima malam. Harganya berkisar antara Rp4,5 juta sampai Rp20 juta per orang. Sedangkan untuk kamar kelas suites dipatok Rp15 juta sampai Rp20 juta.

Royal Caribbean telah dianugerahi penghargaan Best Cruise Line Overall untuk 10 tahun berturut-turut dari Travel Weekly Readers Chioce Awards dan Best Cruise Operator untuk sepuluh tahun berturut-turut dari TTG Travel Awards dan juga Best Cruise Line oleh Travel Weekly Asia’s Reader’s Choice Awards 2015 dan 2016. [traveltextonline.com]