Japan Travel Fair 2018 Targetkan 5000 Tiket Paket Wisata Terjual

JAPAN National Tourism Organization (JNTO) Jakarta yang kembali menggelar Japan Travel Fair (JTF) yang ke-9 di Mall Kota Kasablanka mulai dari 9 hingga 11 Maret 2018, sementara pembukaan diselenggarakan pada Jumat (9/3) pukul 14 di Grand Atrium, Ground Floor, Mall Kokas.

Menurut Kristiana Susanti, Managet JNTO Jakarta mengatakan selain destinasi wisata popular, JTF kali ini akan memperkenalkan 5 daerah wisata alternatif di Jepang untuk wisatawan Indonesia yaitu: Daerah Chugoku (Hiroshima, Okayama), Daerah Kanto (Gunma, Ibaraki, Tochigi), Daerah Kyushu (Fukuoka, Kagoshima, Kumamoto, Miyazaki, Nagasaki, Oita, Saga), Daerah Tohoku (akita, Aomori, Fukushima, Iwate, Miyagi, Yamagata) dan Daerah Okinawa.

“Disamping itu pula turut hadir pula ekshibitor dari Jepang termasuk pengelola transportasi kereta api dan shinkansen, hotel, theme park Tokyo Disney Resort dan Endo Wonderland, pusat perbelanjaan Don Quijote serta pemerintah daerah untuk mempromosikan daerah pariwisatanya masing-masing,” ujarnya.

Dikatakan, JTF merupakan acara rutin yang diselenggarakan dua kali dalam setahun, masing-masing pasa semester satu dan dua setiap tahunnya. Pada penyelenggaraan kali ini JTF didukung oleh 21 travel agent, 5 maskapai penerbangan besar (Garuda Indonesia, ANA, Cathay Pacific Airways, Japan Airlines dan Singapore Airlines), HSBC Indonesia dan Sabre TN Indonesia.

“Namun ketika ditanya mengenai target revenue penyelenggaran JTF ke-9, 2018, Kristiana langsung menjawab, kami bukan mengejar target revenue-nya, tapi adalah target penjualan 5000 tiket paket wisata. Kalau dilihat angka kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang pada tahun lalu sekitar 300 ribu orang, kami yakin target penjualan bakal tercapai,” katanya.

Ditambahkannya, belum lagi terdapat sejumlah penawaran menarik selama event berlangsung antara lain: penawaran istimewa tiket pesawat PP ke Jepang dari 5 maskapai penerbangan periode perjalanan hingga Februari 2019, Paket wisata menarik, JR Pass, tiket theme park, SIM card/WiFi, Hotel, Lucky draw tiket PP ke Japang untuk semua pengunjung JTF setiap harinya dan potongan harga hingga Rp1.500.000 bagi pemegang kartu kredit HSBC.

Sementara Direktur Eksekutif, Jakarta Office, Japan National Tourism Organization (JNTO), Hideki Tomioka, mengatakan hampir pasti, Jepang akan ada di dalam daftar destinasi wisata impian bagi wisatawan Indonesia. Begitu banyak warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Negeri Sakura. Hal itu tidak mengherankan, karena Jepang memang menyimpan daya tarik wisata luar biasa bagi penikmat pelesir di seluruh dunia.

“Segalanya ada di Jepang; mulai dari wisata budaya, belanja, alam, teknologi, religi, kuliner, urban, dan masih banyak lagi. Dari tahun ke tahun pun, kunjungan wisatawan Indonesia ke sana tercatat terus meningkat. Saya optimistis negara Jepang mampu mencapai target kunjungan wisatawan dari Indonesia sebanyak 500.000 orang sepanjang tahun ini. Adapun tujuan favorit orang Indonesia di Jepang, wilayah yang paling banyak menjadi destinasi warga RI adalah Tokyo, disusul berturut-turut dengan Kansai, Osaka, dan Pulau Hokkaido.

“Kebanyakan pelancong Indonesia yang bertandang ke Jepang menghabiskan waktu untuk berbelanja pernak-pernik unik dan otentik Negeri Samurai yang tidak bisa dijumpai di negara lain. Selain itu, wisata kuliner khas Jepang menjadi agenda wajib orang Indonesia. Di sana, mereka juga selalu menyempatkan waktu mencari jajanan atau penganan unik untuk dibawa sebagai oleh-oleh,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, apalagi saat ini Jepang giat mempromosikan kulineri dan wisata halal. Kami memahami kebutuhan informasi semacam ini bagi wisatawan Indonesia yang mengunjungi Tokyo. Sebab, pertumbuhan wisatawan Indonesia ke Jepang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. [traveltextonline.com]