AP I Inginkan Kontribusi 35% dari Bisnis Perhotelannya

ADALAH PT Angkasa Pura I (AP I) yang serius memperkuat bisnis non-aeronautika, melalui anak perusahaannya yang bernama PT Angkasa Pura Hotel, perusahaan ini berencana membangun empat hotel bintang 3 dengan total biaya investasi Rp240 miliar.

Menurut Farid Indra Nugraha, Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I mengatakan adapun lokasi pembangunan hotel di dekat bandar udara (bandara), dan lokasi yang kita rencanakan yakni di bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin, Kalimantan Selatan), Ahmad Yani (Semarang, Jawa Tengah), Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur) dan Kulonprogo (Yogyakarta).

“AP I merencanakan waktu pembangunan keempat hotel selama dua tahun. Kalau sudah beroperasi akan menyumbang 35% total revenue," ujar Farid.

Dikatakan, sementara tahun ini, AP I berharap Angkasa Pura Hotel bisa mendatangkan pendapatan Rp273 miliar dan target laba bersih anak perusahaan AP I sebesar Rp2 miliar.

“Sebelumnya, manajemen AP I menyebutkan target pendapatan non-aeronautika tahun ini sebesar Rp3,27 triliun. Target tersebut setara dengan 43,03% terhadap total target pendapatan Rp7,6 triliun. Ada lima sumber pendapatan non-aeronautika, meliputi ritel, hotel, properti, jasa pendukung dan logistic,” katanya.

Ditambahkannya, tahun 2020 nanti, AP I ingin kontribusi pendapatan non-aeronautika mendominasi hingga 60%. Perusahaan pelat merah itu mencatat, kontribusi bisnis non-aeronautika tahun 2016 sebesar 41,1%. Porsi tersebut sudah membesar ketimbang tahun 2015, yakni 39%. [kontan.co.id/photo special]