Agen Wisata Solo: Belum Ada Kenaikan Peningkatan Perjalanan

SEJUMLAH agen perjalanan wisata di Kota Solo menyatakan sejauh ini belum ada kenaikan permintaan perjalanan wisata jelang libur akhir tahun.

Menurut pemilik Batari Kencana Tour and Travel Mirza Ananda di Solo mengatakan untuk rencana wisata di akhir tahun, yaitu tanggal 25 Desember 2017-2 Januari 2018 baru sekitar 20%. Kondisi tersebut berbeda dari tahun sebelumnya. Pada awal Desember tahun lalu pemesanan sudah penuh sehingga pihaknya sudah bisa mengatur permintaan pemesan.

“Terkait situasi saat ini, pihak kami menilai kondisi perekonomian memberikan pengaruh. Sebagian masyarakat berusaha menghemat pengeluaran dan masih melihat situasi. Mungkin ada beberapa rencana juga benar-benar harus dipikirkan, jadi masih memikirkan kebutuhan primer dulu," ujarnya.

Senada, Pemilik Asih Tour KRAT Djuritno Yudohadinagoro mengatakan sejauh ini baru tiga grup dengan total 30 peserta yang menginginkan paket wisata ke Solo dan sekitarnya.

"Mudah-mudahan nanti bisa lebih banyak lagi pemesan untuk perjalanan wisata libur akhir tahun. Saya berharap ke depan Kota Solo bisa bersinergi lebih baik lagi dengan daerah-daerah tetangga untuk menciptakan destinasi yang lebih mumpuni dan unggul,” katanya.

Dikatakan, misalnya dengan membuat paket wisata, dengan begitu bukan hanya Solo yang menjadi destinasi wisata tetapi juga daerah sekitarnya. [antaranews/photo traveltext]