5 Investor Siap Masuk Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika NTB

SEBANYAK lima investor telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Usaha Pengelola (BUP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Lima investor mengutarakan minat untuk membangun hotel sekaligus fasilitasnya di KEK Mandalika, Nusantara Tenggara Barat.

Menurut Abdulbar Mansoer, Dirut ITDC mengatakan lima investor tersebut, yakni PT Metro Lestari Utama dengan investasi Rp250 miliar, Sky Wealth perusahaan asal Malaysia dengan investasi Rp450 miliar. Keduanya akan membangun hotel bintang lima beserta fasilitas dan infrastrukturnya.

“Lalu, PT Bangun Megatama Wisata Mahadewi, serta PT Alam Hijau Permai melalui penyertaan modal pada Hotel Pullman. Dan yang terakhir, Jeju Olle Foundation Investor Korea yang berencana membangun Olle Walking Trail. Pengembangan wisata tersebut dipimpin oleh PT Pengembangan Pariwisata lndonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (lTDC),” ujarnya.

Dikatakan, ITDC adalah BUMN yang bergerak di bidang pariwisata. Total investasi dari kelima investor tersebut, diperkirakan mencapai Rp6 triliun. Lima tahun ke depan, KEK pariwisata Mandalika diproyeksi akan menyediakan lapangan kerja baru untuk sekitar 5.000 pekerja.

"Ada sekitar 1.500 kamar hotel yang akan delivery tahun 2019. Dan satu investor telah membangun fasilitas pengolahan air laut dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO)," kata Abdulbar Mansoer.

Ditambahkannya, industri kreatif masyarakat menurut Abdulbar, juga akan tumbuh pesat, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan suplai bahan-bahan yang diperlukan untuk operasional properti. Rencananya, investasi di sektor properti tersebut akan berdiri di lahan kawasan seluas 1.175 hektare (ha). [kontan.co.id/photo special]