Di Tokyo Motor Show 2017, Nissan Kenalkan Mobil Listrik, Canto

ADALAH Nissan Motor Co mengenalkan Canto, sebuah teknologi suara yang disematkan pada mobil listrik pada ajang otomotif Tokyo Motor Show 2017. Canto dalam bahasa latin berarti “Aku menyanyi”.

Teknologi ini dirancang untuk mengeluarkan berbagai jenis suara dan nada beragam, sesuai dengan laju kendaraan. Suara ini akan secara otomatis aktif pada kecepatan 20-30 Kmpj, tergantung kebutuhan kondisi berbagai negara.

Menurut Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines mengatakan Canto" diciptakan dengan tujuan untuk membangun kewaspadaan sebagai sebuah prioritas. Suara akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki dan penumpang.

”Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar, dan komponen krusial tersebut adalah suara. Nissan sudah mengembangkan mobil dengan suara tambahan sejak 2010, melalui sistem Approaching Vehicle Sound for Pedestrian.

Dikatakan, hal ini dibutuhkan untuk sebuah mobil listrik. Tanpa tambahan teknologi suara, mobil listrik akan melaju dengan senyap. Nissan juga tercatat sebagai produsen otomotif pertama yang memproduksi secara massal kendaraan listrik, yakni Leaf. Sejauh ini mobil tersebut masih menjadi kendaraan dengan energi baru terbarukan terlaris di dunia.

“Tahun lalu, Nissan mengakuisisi 34% saham Mitsubishi Motors untuk memperkuat aliansi yang sebelumnya sudah terjalin bersama Renault. Data internal terkahir perusahaan capaian tahun fiskal 2016 aliansi telah menjual hampir 10 juta unit kendaraan di seluruh dunia,” katanya. [antaranews/photo special]