MENTERI Pariwisata (Menpar), Arief Yahya sangat serius menggarap pasar Tiongkok untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) demi pencapaian target 20 juta kunjungan wisman pada 2019. Masyarakat Tiongkok dikenal senang bepergian ke luar negeri, di mana tahun lalu tingkat outbound wisatawan Tiongkok mencapai 130 juta orang.

Melihat peluang tersebut, Menpar Arief Yahya menjadikan Tiongkok sebagai pasar utama untuk berpromosi dan menjalin kerjasama dengan para stakeholder. Menpar berpartisipasi langsung dalam kegiatan promosi Indonesia Festival (InaFest) di Shanghai Oriental Pearl Tower (OPT), didampingi oleh Staf Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono, Staf Khusus Menpar Bidang IT Samsriyono Nugroho, dan Konjen RI di Shanghai Siti Nugraha Mauludiah atau akrab disebut Nining.

Menpar menyambangi booth Wonderful Indonesia yang turut mempromosikan #AseanGamesKita dan melakukan beberapa interview media besar Tiongkok, seperti CCTV. InaFest berlangsung pada 4-6 Mei 2018 dengan kegiatan di antaranya bazar produk ritel, makanan-minuman Indonesia, panggung seni dan budaya Indonesia. Selain itu, ada Mini Fashion Show, dan foto Komunitas Instameet Shanghai. [traveltextonline.com]