Bandara Soetta Bakal Ganti Boarding Pass Kertas Jadi Digital

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai menerapkan sistem autogate untuk memindai boarding pass calon penumpang secara mandiri. Secara bertahap, boarding pass dalam bentuk fisik atau kertas juga akan digantikan dengan barcode melalui ponsel.

Menurut Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho dalam siaran persnya mengatakan sistem ini merupakan sistem terintegrasi mulai dari sistem check in sampai dengan sistem pemindaian otomatis yang bertujuan untuk men-screening dan merekam data penumpang secara otomatis serta memudahkan sistem pemeriksaan.

“Sistem yang dimaksud saat ini telah diterapkan di Terminal 1C. Dalam waktu dekat, sistem yang sama akan diberlakukan di seluruh Terminal 1, baik itu di Terminal 1A dan 1B, hingga ke seluruh terminal di area Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Dikatakan, baru ada enam mesin pemindai otomatis boarding pass yang melayani calon penumpang di Terminal 1C. Adapun saat ini boarding pass masih dalam bentuk kertas karena mengacu pada SKEP Dirjen Nomor 2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Penumpang, Personel Pesawat Udara dan Barang Bawaan yang Diangkut dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan.

"Kami menyiapkan sistem ini agar ke depan saat pass dalam bentuk digital sudah bisa diakomodasi, kami sudah siap. Selama ini, proses pemindaian boarding pass masih dilakukan oleh petugas maskapai sebelum calon penumpang memasuki pesawat,” katanya.

Ditambahkannya, melalui sistem autogate ini, diharapkan calon penumpang bisa lebih praktis melakukan proses boarding sekaligus membiasakan mereka sebelum boarding pass secara digital diterapkan secara penuh. [photo special]