Bandara Sepinggan Kini Juga Sediakan Ruang Menginap

BANDARA Sepinggan di Balikpapan menyediakan Lantai 4 di Gedung Terminal sebagai tempat istirahat selama masa mudik Lebaran 1439 Hijriyah. Penumpang boleh beristirahat di lantai itu antara pukul 19.00 hingga pukul 04.00 dinihari.

Menurut General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Hendy Heryudhitiawan mengatakan biasanya penumpang yang datang dari jauh di Kaltim ini, seperti dari Kutai Barat atau Kutai Timur, yang jarak tiba di bandara dengan waktu keberangkatan pesawatnya relatif lama, tapi tanggung juga buat masuk hotel.

“Misalnya untuk terbang dengan pesawat pukul 07.00 pagi ke Jakarta, yang diminati karena tiketnya lebih murah, calon penumpang sudah ada yang tiba di Bandara menjelang tengah malam,” ujarnya.

Dikatakan, untuk mereka itu silakan istirahat di Lantai 4 itu. Cukup memberitahu petugas Avsec yang berjaga. Ada toilet, ada tempat makan yang dekat. Juga pastinya aman karena sudah dalam gedung terminal. Sebagian lantai juga dialasi dengan karpet sehingga cukup nyaman untuk merebahkan diri walaupun seadanya.

“Tahun-tahun lampau, penumpang seperti itu biasa ditemui duduk-duduk dengan troli mereka di selasar terminal. Sebagian yang sudah kecapekan juga terlihat tidak segan merebahkan diri dan terlelap. Pemandangan seperti itu, terlihat tidak elok untuk bandara internasional, selain juga riskan di sisi keamanan penumpang dan juga berisiko pada kesehatan,” katanya.

Ditambahkannya, sekarang kami sediakan Lantai 4 itu, terlindung dari angin, dan aman. Keuntungan lain, Lantai 4 itu persis di atas tempat checking penerbangan dan Terminal Keberangkatan. Hampir dipastikan calon penumpang tidak akan ketinggalan pesawat.

"Karena kan kita batasi sampai pukul 04.00 dinihari, petugas pasti membangunkan yang ketiduran. Penyediaan fasilitas itu mendapat apresiasi tak hanya dari penumpang, tapi juga Staf Khusus Menteri Perhubungan yang meninjau Pos Terpadu Angkutan Udara Lebaran di Bandara Sepinggan,” ungkap Hendy.

Diharapkan pelayanan bandara yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang dapat dipertahankan dan dapat menjadi contoh bagi bandara lainnya. [antaranews]