Penerbangan Manila-Bali Akan Ditambah Mulai Bulan Ini

KABAR baik datang dari International Travel and Trade Expo (ITTE) 2018 Filipina. Pameran terbesar di negara tetangga itu memastikan bahwa akan ada penambahan penerbangan langsung dari Manila ke Bali, Pulang-Pergi (PP) pada bulan ini atau Maret 2018.

Menurut Counselor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Filipina, Hidayat Zakaria dalam siaran persnya mengatakan pihak KBRI sudah melakukan pertemuan dengan AirAsia Filipina yang akan melakukan penerbangan ke Bali dari Manila dalam waktu dekat ini.

"Bahkan promosinya juga akan bersinergi dengan KBRI dan Kemenpar. Kami sudah bertemu dengan pihak AirAsia Filipina, dan mereka positif akan terbang ke Bali di bulan Februari atau Maret tahun 2018 ini," ujar Hidayat.

Dikatakan, itu artinya sudah ada beberapa maskapai yang direct flight langsung ke Tanah Air dari Filipina yakni AirAsia (Manila-Jakarta PP), Philipines Airlines (Manila-Jakarta PP) dan AirAsia Manila-Bali (PP). Kami bersyukur karena ini membuat negara kita semakin terbuka," ujar Hidayat.

Sementara Deputi Pemasaran Pariwisata I Kemenpar, I Gde Pitana mengaku gembira dengan kabar tersebut. Ini akan mempermudah akses untuk wisatawan mancanegara khususnya Filipina ke Tanah Air. Seperti diketahui, untuk mencapai target pariwisata 2018 sebanyak 17 juta wisman, dibutuhkan lagi tambahan 1,1 juta seat atau menjadi 25,5 juta seat, dimana 500 ribu-nya adalah kebutuhan Seats haji & umroh.

“AirAsia dari Filipina ke Bali itu juga harus jeli dan terbuka melihat momen saat low season. Yakni dengan mengusung konsep sharing economy, low season bisa disikapi dengan discount. Besarannya adalah 30%-40%. Dan, penurunan harga ini berlaku menyeluruh. Berlaku untuk maskapai, akomodasi, bahkan destinasi. Sekali lagi terima kasih kepada AirAsia untuk penerbangan Filipina-Bali," ungkap Pitana. [photo special]