Garuda Bakal Terbangi Rute Kupang-Dili Mulai 15 November

MASKAPAI penerbangan Garuda Indonesia segera melayani rute penerbangan langsung luar negeri Kupang-Dili mulai 15 November 2017.

Menurut General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Kupang Kokoh Ritonga, mengatakan layanan penerbangan Kupang-Dili pada 15 November mendatang ini dilakukan Charter oleh Timor Airways. Penerbangan langsung yang menghubungkan dua kota antarnegara di Pulau Timor itu akan dilayani dengan pesawat ATR 72, berkapasitas 70 penumpang dengan jadwal empat kali penerbangan dalam seminggu.

“Adapun pola penerbangan charter, secara operasional berjalan seperti untuk jangka waktu tertentu dengan sistem penjualan tiket yang ditangani charter. Jika masa charter habis, maka sejumlah kebijakan bisa ditentukan terkait kelanjutannya di antaranya bisa saja berhenti total, dilanjutkan sebagai penerbangan berjadwal biasa, ataupun perpanjangan masa charter,” ujarnya.

Dikatakan, penerbangan langsung yang menghubungkan Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan negara tetangga Timor Leste itu lebih efektif dibanding rute penerbangan selama ini yang masih melalui kota lain seperti Denpasar, Bali.

“Untuk itu, saya berharap layanan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal baik pihak pemerintah, swasta, dan umum untuk peningkatan arus barang dan manusia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kedua wilayah,” katanya.

Ditambahkannya, kami juga berharap adanya layanan ini maka arus kunjungan wisatawan asing ke NTT semakin meningkat baik dari Timor Leste sendiri maupun dari negara lain yang masuk melalui negara tersebut.

“Sementara itu untuk layanan rute penerbangan yang menghubungkan tiga kota beda negara Kupang-Dili-Darwin yang telah diusulkan pemerintah provinsi setempat masih dalam proses analisis atau dalam pembicaraan antar pemerintah (government to government),” ungkapnya. [antaranews/photo special]