AirAsia Mulai Layani Rute Penerbangan Jakarta-Macau

MASKAPAI AirAsia kini melayani rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Macau. Rute penerbangan tersebut mulai diberlakukan pada Senin, 7 Agustus 2017.

Dalam penerbangan perdananya, pesawat AirAsia berangkat pukul 01.55 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, dengan membawa 171 penumpang menuju Makau. Pesawat jenis Airbus A-320 tersebut mendarat di bandara yang berada di Pulau Taipa, Macau, tepat pukul 07.50 waktu setempat .

Menurut Celia Lao, CEO AirAsia Macau dan Hong Kong mengatakan penerbangan perdana ini load factor (tingkat keterisiannya) sudah lumayan bagus, 80%. Pesawat AirAsia tersebut kembali ke Jakarta pada hari yang sama dengan membawa 157 penumpang. Untuk sementara AirAsia menerbangi rute Jakarta-Makau tiga kali dalam sepekan, yakni setiap Senin, Jumat, dan Minggu. Mulai bulan depan, AirAsia akan menerbangi rute Jakarta-Makau empat kali pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

“Pada penerbangan perdana, tiket penerbangan AirAsia dari Jakarta menuju Macau harganya Rp888 ribu.Kalau melihat load factor-nya kami optimistis prospek rute penerbangan ini sangat bagus,” ujarnya.

Sementara Konsul Jenderal RI Hong Kong dan Macau Tri Tharyat mengatakan rute penerbangan baru dari Jakarta ke Macau akan membantu mempererat hubungan Indonesia dengan China. Tentu saja hal ini berdampak positif bagi perekonomian, khususnya sektor perdagangan dan sektor pariwisata.

“Rute penerbangan baru tersebut, membuka kesempatan bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing dari Macau, juga membantu mempermudah kepulangan dan keberangkatan para tenaga kerja Indonesia di Macau. Ini juga membuka kesempatan bagi kita untuk menggaet wisatawan dari Provinsi Guangdong (Cina), khususnya Zhuhai, yang biasanya mengunjungi Indonesia melalui Hong Kong," katanya.

Sebelum AirAsia, jalur Jakarta-Macau pernah diterbangi Sempati Air pada era 1990-an dan AirMacau. [photo special]