AirAsia Bakal Buka Rute Penerbangan Jakarta-India

MASKAPAI penerbangan low cost carrier (LCC) AirAsia akan membuka rute penerbangan Jakarta-India.

Menurut CEO Air Asia Tony Fernandes menyatakan komitmen untuk mendukung target pariwisata yang mengejar 17 juta wisman. Air Asia berkomitmen membuka rute penerbangan baru ke destinasi pariwisata prioritas serta dari originasi prioritas yang pertumbuhannya besar.

"Kami siap untuk mengeluarkan uang banyak, karena kami membuka jalur Narita-Jakarta dan responnya sangat bagus, sementara itu kami siap membuka rute penerbangan Jakarta-India,” ujar Tony.

Dikatakan, kami yakin bisa meramaikan jasa transportasi udara Indonesia. Contoh Bandara Bandung. Air Asia sebagai pionir membuka jalur internasional Kuala Lumpur-Bandung, kemudian diikuti oleh maskapai penerbangan lainnya.

“Sebelumnya saya mengusulkan pengurangan airport tax untuk mendorong pertumbuhan LCC karena 60% dari rute Air Asia merupakan rute penerbangan baru,” katanya.

Sementara itu Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mendukung usulan Air Asia dalam pengembangan bandara LCC di bandara prioritas Indonesia; Cengkareng (CGK) dan Denpasar (DPS) serta pengurangan airport tax bagi penumpang LCC dalam mendorong pertumbuhan maskapai penerbangan LCC. [kontan.co.id/photo special]